Jumat, 06 Maret 2020

Sistem? Seperti apa sih?

   
Image result for sistem

Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau satuan yang dihubungkan bersama untuk memudahkan informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada di negara tersebut.
Image result for nkri

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, para ahli dan pakar juga memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu sistem.
Menurut Davis G.B
Pengertian sistem menurut Davis G.B merupakan gabungan dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.
Menurut Harijono Djojodihardjo
Arti sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.
Menurut L. James Havery
Menurut James Harvey, sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.
Menurut C.W. Churchman
Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan dengan selaras dan harmonis untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan.
    Kata sistem sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

      Ada banyak sistem yang ada dalam kehidupan ini, sebenarnya sistem juga bisa digerakkan oleh bermacam-macam sistem. Adapun manfaat sistem yaitu untuk menyatukan atau mengintegrasikan semua unsur yang ada dalam suatu ruang lingkup, dimana komponen-komponen tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Komponen atau sub sistem harus saling berintegrasi dan berhubungan untuk membentuk satu kesatuan sehingga sasaran dan tujuan sistem tersebut bisa tercapai.

Jenis-Jenis Sistem

Ada berbagai tipe sistem berdasarkan beberapa kategori tertentu. Berikut merupakan penjelasan macam-macam sistem berdasarkan keterbukaannya dan komponennya.
Menurut Keterbukaannya
  • Sistem terbuka, yakni jenis sistem dimana pihak luar (eksternal) dapat mempengaruhinya.
  • Sistem tertutup, yakni jenis sistem yang hanya dapat dipengaruhi oleh pihak dari dalam (internal) saja.
Menurut Komponennya
  • Sistem fisik, yakni jenis sistem yang terdiri dari komponen materi dan energi.
  • Sistem non-fisik, yakni jenis sistem yang terdiri dari konsep, ide-ide, dan sebagainya.

Contoh Sistem :

1. Manusia adalah sistem yang berada di muka bumi yang terdiri dari lahirilah dan batinilah. Jika dilihat dari sudut pandang biologi manusia adalah sistem terdiri dari komponen biologis yaitu sistem panca indra, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem pengerluaran, dan sistem – sistem lainnya yang bekerja sama dalam satu.
Image result for manusia
2. Sistem pemerintahan di Indonesia juga disebeut sistem yang memiliki tugas dan fungsi sendiri – sendiri seperti presiden, wakil presiden, menteri, kepala daerah, camat, kepala desa, ketua RT, keta RW, dan perangkat – perangkat lainnya yang memliki keterkaitan.
Image result for pemerintah indonesia
3. Sistem ekonomi, ada istilah sistem ekonomi yang memiliki kompenen seperti pemerintah, kebijakan syariah, bank syariah, koperasi syariah, nasabah syariah, dan komponen lainnya yang memiliki keterkaitan.
Image result for pasar
4. Sistem kapal, sistem pada sebuah kapal yang saling terhubung untuk melakukan kerja seperti sistem starter, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem penggerak, sistem ballast, dan sistem yang memiliki keterkaitan lainnya.
Image result for oil tanker
5. Sistem komputer, pada komputer memiliki sistem seperti sistem operasi, yah itu adalah sistem yang paling terpenting pada komputer karena apabila sebuah komputer tidak memiliki sistem operasi makan tidak bisa bekerja dengan baik. Sistem komputer seperti windows, Mac, OS, Unix, Amiga, Garuda OS, dan lain sebgainya.
Image result for komputer


Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar